Waktu
Waktu
Bali
Senin-Jum'at / 08:00 - 14:00
|
smktenas@gmail.com
|
(0361) 224007
Senin - Jum'at / 09:00 - 14:00
|
smktenas@gmail.com
|
(0361) 224007
Pradnyan Purusotama

Dharma Tula “Siwaratri di Era Kekinian”

Dalam rangka menyambut malam Siwaratri pada hari Jumat, 20 Januari 2022, SMK Teknologi Nasional mengadakan kegiatan Dharma Tula dengan tema “Siwaratri di Era Kekinian”. Kegiatan ini akan dilangsungkan pada hari Jumat, 20 Januari 2023 mulai pukul 17.00 WITA di halaman SMK Teknologi Nasional Denpasar. Kegiatan ini mendatangkan narasumber yaitu:

  1. Bapak I Made Gede Nesa Saputra, S.Fil., M.Ag selaku anggota pengurus DPK Peradah Denpasar bidang hubungan antar lembaga dan masyarakat
  2. Ibu Ni Wayan Parwati Asih, S.Pd., M.Pd selaku kepala SMK Teknologi Nasional Denpasar

Serta menghadirkan moderator yaitu bapak Dewa Made Sudiarta, S.Fil selaku guru Agama Hindu SMK Teknologi Nasional Denpasar.

Siwaratri adalah hari suci bagi umat Hindu dengan melaksanakan pemujaan terhadap Ida Sang Hyang Widi Wasa dalam manifestasinya sebagai Sang Hyang Siwa.

Makna dari hari suci Siwaratri adalah malam perenungan suci, dimana kita bisa mengevaluasi dan instropeksi diri atas perbuatan selama ini.

Malam Siwaratri bukanlah malam peleburan dosa, melainkan peleburan kepapaan dari kelemahan sifat-sifat manusia. Semua manusia dibelengu oleh nafsu-nafsu indrianya/raganya. Jadi sangat dianjurkan bagi Umat Hindu untuk melakukan Bratha Siwaratri sehari sebelum Purnamaning sasih Kepitu.

Ada 7 kegelapan yang harus dikendalikan yang disebut Sapta Timira yang terdiri dari: Surupa (mabuk karena rupawan/rupa tampan atau cantik), Dhana (mabuk karena kekayaan), Guna (mabuk karena kepandaian), Kasuran (mabuk karena kemegahan), Kulina (mabuk karena keturunan bangsawan), Yowana (mabuk karena keremajaan), Sura (mabuk karena minuman keras). Sebagai manusia kita harus sadar bahwa kita dipengaruhi oleh 7 kegelapan. Kegelapan itulah yang harus diterangi secara jasmani dan rohani dengan meningkatkan pengetahuan dan pengamalan ajaran kerohanian.

Related Posts